Jumat, 04 Desember 2009

KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

A. Definisi
Sebelum mendefinisikan teknologi informasi dan komunikasi hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian dari masing-masing komponennya. Komponen yang pertama adalah teknologi.
Teknologi dapat diartikan sebagai alat atau perangkat maupun metode untuk mempermudah pekerjaan manusia yang diperoleh dari serangkaian penelitian atau percobaan dan melalui proses rekayasa (enginering).
Komponen TIK yang kedua adalah informasi. Informasi adalah kabar / berita / ide / gagasan yang dapat memberi tambahan pengetahuan bagi penerimanya dan harus teruji kebenarannya. Bentuk informasi dapat bermacam-macam, ada yang berupa suara (audio), gambar (visual), teks, audio visual (video), dll.
Komponen TIK yang terakhir adalah komunikasi. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Dengan kata lain komunikasi merupakan proses pertukaran informasi.
Jadi, teknologi informasi dan komunikasi adalah alat atau perangkat maupun metode untuk mempermudah pekerjaan manusia pada proses pertukaran informasi.

B. Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Di jaman modern sekarang ini, dalam kehidupan sehari-hari manusia hampir tidak pernah lepas dari menggunakan peralatan yang menerapkan konsep teknologi informasi dan komunikasi. Peralatan teknologi informasi dan komunikasi seakan sudah menjadi kebutuhan pokok manusia disamping makan dan minum.
Oleh karena itu pengetahuan tentang cara penggunaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi dengan benar haruslah dimiliki agar penggunaannya dapat maksimal.
Berikut adalah beberapa contoh peralatan yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
• Televisi
Televisi merupakan alat teknologi informasi dan komunikasi yang paling umum digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Televisi hampir tidak bisa dipisahkan dari keseharian manusia. Bahkan dapat dikatakan televise merupakan sumber informasi utama bagi manusia di jaman sekarang ini.
• Pesawat telepon / handphone
Penggunaan telepon sebagai alat komunikasi sudah dimulai sejak Alexander Graham Bell menemukan alat ini pada tahun 1876. Selanjutnya perkembangan telepon semakin pesat seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Jika dulu telepon menggunakan kabel sebagai media pengantar informasi maka jaman sekarang telepon sudah tidak terpaku pada kabel semenjak ditemukannya teknologi wireless. Telepon tanpa kabel ini dikenal dengan handphone.
Saat ini perkembangan handphone sudah sangat canggih mengikuti tingkat kebutuhan manusia yang semakin tinggi pada informasi. Handphone sekarang ini memiliki banyak fitur tambahan bukan hanya dapat menelepon saja. Diantaranya adalah sebagai media pemutar musik (music player), video player, kamera digital, dll.
• Komputer
Komputer merupakan alat teknologi informasi dan komunikasi yang paling canggih karena kemampuannya yang hampir tidak terbatas. Teknologi komputer terus dikembangan mengikuti tingkat kebutuhan manusia akan informasi dan berkomunikasi.
Komputer dapat menjalankan hampir semua kebutuhan manusia dalam mengakses informasi dan melakukan komunikasi. Akan tetapi komputer memerlukan perangkat tambahan dan pengetahuan khusus untuk dapat digunakan sebagai alat komunikasi. Oleh karena itulah pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi ini komputer merupakan objek utama yang dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar